Langsung ke konten utama

Tafakur Fi Kholqillah (Asal Kejadian Manusia Pertama)

Banyak orang pergi jauh-jauh ke gunung, lembah, pantai, laut yang katanya untuk bertafakur atas segala ciptaan Allah Yang Maha Besar. Padahal ada yang dekat, dan itu adalah bahan tafakur yang tidak pernah habis untuk dibahas, yaitu diri manusia..

Allah Subhanahu Wa Ta'ala berfirman:

وَفِيْ خَلْقِكُمْ وَمَا يَبُثُّ مِنْ دَآ بَّةٍ اٰيٰتٌ لِّقَوْمٍ يُّوْقِنُوْنَ ۙ 

"Dan pada penciptaan dirimu dan pada makhluk bergerak yang bernyawa yang bertebaran (di bumi) terdapat tanda-tanda (kebesaran Allah) untuk kaum yang meyakini,"
(QS. Al-Jaatsiyah 45: Ayat 4)

Manusia adalah obyek terdekat bagi kita untuk bertafakur. Hal utama untuk bertafakur bagi diri manusia adalah bertafakur bagaimana Allah menciptakan manusia.

Ini sangat penting.....

Karena sudah sebegitu gamblangnya bagaimana proses kejadian manusia, begitu terang benderangnya ilmu pengetahuan yang mengupas tuntas, begitu banyaknya literatur dan bahan bacaan yang menguak secara jelas, tetapi masih ada saja (juga sebagian orang yang mengaku beragama Islam) yang meyakini teori bahwa manusia berasal dari mo............

Allah menyampaikan kepada kita bahwa manusia pertama diciptakan dari tanah. Bukan dari proses evolusi ya....

(Ingatlah) ketika Tuhanmu berfirman kepada malaikat: "Sesungguhnya Aku akan menciptakan manusia dari tanah".(Shaad 38 : Ayat 71)

"yang memperindah segala sesuatu yang Dia ciptakan dan yang memulai penciptaan manusia dari tanah,"(QS. As-Sajdah 32: Ayat 7)


Allah membentuk manusia

Adalah sebuah keistimewaan bagi manusia bahwa penciptaan awalnya melalui proses pembentukan, tidak sebagaimana makhluq lain yang langsung melalui "Kun Fayakun"

"Dan sungguh, Kami telah menciptakan manusia (Adam) dari tanah liat kering dari lumpur hitam yang diberi bentuk."(QS. Al-Hijr 15: Ayat 26)

Sesungguhnya Kami telah menciptakan kamu (Adam), lalu Kami bentuk tubuhmu, ....(Al A'raaf 7 : 11)

Allah berfirman: "Hai iblis, apakah yang menghalangi kamu sujud kepada yang telah Ku-ciptakan dengan kedua tangan-Ku. Apakah kamu menyombongkan diri ataukah kamu (merasa) termasuk orang-orang yang (lebih) tinggi?".(QS. Shaad 38: Ayat 75)

"sesungguhnya Kami telah menciptakan manusia dalam bentuk yang sebaik-baiknya.(At Tiin 95 : Ayat 4)



Setelah sempurna, Allah tiupkan kepadanya ruh.



Salah satu komponen istimewa yang membedakan manusia dengan makhluq lainnya adalah ditiupkannya ruh kepada jasad manusia. Inilah salah satu hal yang menyebabkan manusia lebih sempurna dibanding makhluq ciptaan Allah lainnya. Kesempurnaan diberikan Allah kepada Adam, bahkan hingga seluruh hadirin pada saat itu diperintahkan untuk tunduk bersujud kepada Adam.

Maka apabila Aku telah menyempurnakan kejadiannya, dan telah meniupkan ke dalamnya ruh (ciptaan) Ku, maka tunduklah kamu kepadanya dengan bersujud. (Al Hijr 15 : Ayat 29)

"Kemudian apabila telah Aku sempurnakan kejadiannya dan Aku tiupkan roh (ciptaan)-Ku kepadanya; maka tunduklah kamu dengan bersujud kepadanya."(QS. Sad 38: Ayat 72)


Allah tanamkan ilmu pengetahuan kepada manusia.

Allah memberikan karunia kepada manusia, yang bahkan malaikat sekalipun tidak diberikan, yaitu ilmu pengetahuan. Super komputer dalam diri manusia yang disebut otak itu Allah tanamkan semua ilmu pengetahuan yang sangat penting buat kehidupan manusia kelak. Ilmu pengetahuan ini adalah alat mempertahankan diri yang paling hebat diantara seluruh makhluq. Dengan ilmu pengetahuan inilah manusia kelak dapat meminpin di bumi.

"Dan Dia ajarkan kepada Adam nama-nama (benda) semuanya, kemudian Dia perlihatkan kepada para malaikat seraya berfirman, Sebutkan kepada-Ku nama semua (benda) ini, jika kamu yang benar!"

Mereka menjawab: "Maha Suci Engkau, tidak ada yang kami ketahui selain dari apa yang telah Engkau ajarkan kepada kami; sesungguhnya Engkaulah Yang Maha Mengetahui lagi Maha Bijaksana

Allah berfirman: "Hai Adam, beritahukanlah kepada mereka nama-nama benda ini". Maka setelah diberitahukannya kepada mereka nama-nama benda itu, Allah berfirman: "Bukankah sudah Ku katakan kepadamu, bahwa sesungguhnya Aku mengetahui rahasia langit dan bumi dan mengetahui apa yang kamu lahirkan dan apa yang kamu sembunyikan?"
(QS. Al-Baqarah 2: Ayat 31-33)

Segala macam keistimewaan Adam dibanding makhluq Allah lainnya inilah yang terus dibawa oleh anak turunannya. Allah memberikan segala macam kelebihan bagi manusia keseluruhan.

Dan sesungguhnya telah Kami muliakan anak-anak Adam, Kami angkut mereka di daratan dan di lautan, Kami beri mereka rezeki dari yang baik-baik dan Kami lebihkan mereka dengan kelebihan yang sempurna atas kebanyakan makhluk yang telah Kami ciptakan. (Al Israa 17 : Ayat 70)

Oleh karena itu, tidaklah sama manusia dengan binatang. Allah meninggikan derajat, memulyakan, melebihkan manusia dibanding binatang. Begitu banyak kelebihan manusia, tetapi sebagian dari manusia malah merendahkan dirinya sendiri dengan menyebut asal muasal manusia berasal dari mo..... Na'udzubillahi min dzalik.....


Wallahu a'lam

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Doa Nabi Ibrahim

Menurut keterangan Al Baghawy bahwa Nabi Ibrahim dan Nabi Ismail membaca doa ini saat membangun kembali Ka'bah -----

TAFAKUR FI KHOLQILLAH

By : Eman “Bertafakurlah tentang ciptaan ALLAH, jangan bertafakur tentang Dzat ALLAH.” Pernyataan diatas merupakan rambu-rambu bagi siapa saja yang ingin melangkah pada tahap bertafakur. Bertafakur merupakan salah satu proses bagi seorang manusia untuk mencapai tingkat muqorobah. Tiada seorang pun yang dapat mencapai pentafakuran atas Dzat ALLAH. Itu sudah harga mati, tidak dapat diganggu gugat. Yang bisa dilakukan oleh orang tersebut adalah bertafakur atas ciptaan ALLAH yang terhampar di depan matanya, bahkan pada dirinya sendiri. “Kami akan memperlihatkan kepada mereka tanda-tanda kekuasaan Kami di segenap ufuk dan pada diri mereka sendiri, sehingga jelaslah bagi mereka bahwa Al Qur-an itu adalah benar. Dan apakah Tuhanmu tidak cukup (bagi kamu) bahwa sesungguhnya Dia menyaksikan segala sesuatu.” (AQ - 41:53) ALLAH telah memperlihatkan pada manusia hamparan kekuasaan-NYA, yang dengannya manusia dapat memahami bahwa ALLAH MAHA KUASA dan manusia amatlah lemah, tak berdaya, dan tiada ku

Pengalaman Mengobati Hipertiroid

(Pengalaman seorang ibu penderita hipertiroid)     Saya adalah seorang penderita sakit hipertiroid. Tanda-tanda seseorang menderita hipertiroid memang berbeda-beda, sedangkan yang pernah dialami oleh saya diantaranya: mata membesar, tangan tremor (bergetar), terasa ada benjolan di tenggorokan bila sedang menelan air ludah. Ada benjolan yang cukup besar di ketiak. Menurut beberapa informasi bahwa seseorang penderita hipertiroid tidak disarankan untuk hamil, karena hipertiroidnya akan lebih terpacu menjadi semakin parah. Dan inilah yang terjadi pada diri saya, sementara saya baru mengetahui bahwa saya mengidap hipertiroid ini pada saat usia kandungan 7 bulan. Ditambah lagi terjadi exclamsia saat kandungan berusia 8 bulan. Bersyukurnya saya dapat melahirkan secara normal, yang sebelumnya diperkirakan oleh dokter harus cesar. Setelah melahirkan, saya masih harus menjalani perawatan intensif disertai harus menelan berbagai macam obat, yang salah satunya adalah PTU. Obat PTU ini adalah