Langsung ke konten utama

Media.... Oh... Media.... (Lagi)

"Kuasailah media, untuk menguasai dunia"

Sampai sebuah berita ke kediaman kepala desa Kupluk, Haji Kubil, bahwa anaknya yang sedang kuliah di ibukota negara, meninggal karena overdosis narkoba. Berita disampaikan oleh pak Sekdes, yang sekaligus adalah orang kepercayaan Pak Kades. 

Sambil mengatur kepulangan jenazah anaknya, Pak Kades memerintahkan anak buahnya dan perangkat desa agar menyimpan rahasia sebab kematian anaknya tersebut. Harus dibuat berita yang menyanjung kebaikan dan kehebatan anaknya itu.

Tak lama kemudian tersebarlah berita ke seantero desa, bahwa anak Pak Kades meninggal karena kelelahan belajar yang sangat ketat di perkuliahannya. Meninggal dalam mengejar cita-citanya yang sangat luhur.

Dari satu mulut ke mulut lainnya, dari satu orang ke orang lainnya. Sehingga akhirnya berita tersebut menjadi pembicaraan seluruh warga desa, bahkan tembus ke desa-desa tetangga. Warga desa Kupluk pun ikut bangga bahwa anak pimpinan desanya berperilaku sangat luhur.

Beberapa hari kemudian......

Putrinya Pak Haji Badrun kedapatan sedang memakai lipstik bersama teman-teman sekamarnya, saat ada sidak pimpinan pesantren tempatnya menuntut ilmu. Haji Badrun adalah saingan Pak Kades Haji Kubil dalam pemilihan Kepala Desa yang akan diadakan akhir tahun ini.

Berita sampai ke telinga Pak Kades, yang kemudian menyuruh anak buahnya untuk menyebarkan berita itu, dan agar ditambah-tambahi segala macam berita buruk lainnya tentang anak saingannya itu. Dipelintir sedemikian rupa agar kejelekanlah yang tampak dalam berita itu.

Dengan cepat menyebar berita hingga ke pelosok-pelosok desa, seperti:

"Putri Pak Haji Badrun di hukum oleh ustadzahnya karena melanggar larangan pesantren."

"Putri Pak Haji Badrun ternyata perempuan yang genit"

"Tidak pantas anak seorang haji berbuat seperti itu"

"Bisa jadi putri Pak Haji Badrun adalah wanita nakal"

"Bagaimana mungkin putri dari seorang sesepuh desa berbuat nista seperti itu"

Dan lain-lain kalimat buruk dan berita pelintiran yang isinya bermaksud mendiskreditkan Pak Haji Badrun, saingan terkuat Pak Kades.

Warga desa pun menjadi benci kepada Pak Haji Badrun, serta mengutuk perbuatan anaknya itu. Nama Pak Haji Badrun tercemar, bahkan seluruh keluarga besarnya terkena imbas berita itu.

-----

Ini adalah sebuah gambaran bagaimana seorang yang memegang media informasi dapat menyetir pandangan orang lain agar mengikuti dan menyetujui segala yang disampaikan dan disebar olehnya.


Pak Kades sebagai penguasa sebuah daerah, sekaligus pemilik media informasi yang kuat di daerah tersebut, menggunakan kekuasaan dan kekuatannya dalam mengelola daerah pimpinannya itu. Setiap berita yang tersiar di desanya, tidak pernah terlepas dari kontrolnya sebagai pengatur beredarnya informasi di daerahnya.

Berita apapun selalu dikondisikan olehnya, semata untuk keuntungannya dalam memerintah Desa Kupluk. Pak Kades dapat membuat sebuah berita menjadi besar, atau menjadi kecil, bahkan menjadi tidak ada.

Semua warga desa, hingga alim ulamanya, selalu meng-amini setiap berita dari kepala desanya yang disebar oleh perangkat desa dan anak buah Pak Kades. Warga desa hanya tahu bahwa kadesnya adalah seorang yang sangat baik dan berbudi, sedangkan saingannya adalah orang kotor dan tidak beradab.

-----

Gambaran diatas hanyalah gambaran kecil bagaimana sebuah informasi disebarkan sesuai keinginan dari pembuat berita.

Teknologi yang dipergunakannya masih sekadar dari mulut ke mulut, disampaikan langsung orang per orang. Menyebar pun tidak akan terlalu jauh, paling hanya ke beberapa desa terdekat saja.

Sekarang ini teknologi informasi begitu pesat. Smartphone sudah sangat marak ada dalam genggaman. Berita dan informasi bisa dengan mudah didapat melalui banyak media online. Ditambah melalui Whatsapp, Facebook, Instagram, Twitter, Youtube, dan lain-lain aplikasi yang tertanam dalam setiap smartphone. Melalui media dan aplikasi-aplikasi tersebut, sebuah berita melesat menyebar cepat. Menembus batas desa, menembus batas daerah, bahkan menembus batas negara.

Begitu banyak berita berseliweran melalui media-media itu, sehingga sangat mempengaruhi pola pikir dan pandangan dari pembacanya. Bahkan banyak yang tidak bisa membedakan mana berita benar atau berita bohong. Bercampur baur wara wiri dalam dunia maya.

Begitu banyak berita bohong dipercaya sebagai sebuah kebenaran, sedangkan berita benar disangkal habis-habisan.

Begitu banyak berita yang sangat remeh menjadi besar dan menjadi bahan pembicaraan yang terus menerus dari warganet, dan tidak sedikit berita yang sangat penting untuk diketahui menjadi tidak diperhatikan, bahkan hilang tanpa seorangpun yang membicarakannya.

Si pembuat berita, dengan memanfaatkan teknologi informasi saat ini, menyihir para pembacanya agar mengikuti segala pemahamannya, pola pikirnya, apapun yang disajikan olehnya. Pembacanya pun dengan patuh mengikuti apa yang disampaikan, bahkan dengan rela membela mati-matian apabila ada yang mencela si pembuat berita, seakan sudah tidak ada lagi nalar dan kesadaran. Mereka menjadi seperti sekumpulan zombie. Mereka hanya bagaikan setumpuk daging dan tulang tanpa akal.

Mereka sudah dikuasai oleh pembuat berita dan medianya....


Wallahu a'lam

-----




Komentar

Postingan populer dari blog ini

Doa Nabi Ibrahim

Menurut keterangan Al Baghawy bahwa Nabi Ibrahim dan Nabi Ismail membaca doa ini saat membangun kembali Ka'bah -----

TAFAKUR FI KHOLQILLAH

By : Eman “Bertafakurlah tentang ciptaan ALLAH, jangan bertafakur tentang Dzat ALLAH.” Pernyataan diatas merupakan rambu-rambu bagi siapa saja yang ingin melangkah pada tahap bertafakur. Bertafakur merupakan salah satu proses bagi seorang manusia untuk mencapai tingkat muqorobah. Tiada seorang pun yang dapat mencapai pentafakuran atas Dzat ALLAH. Itu sudah harga mati, tidak dapat diganggu gugat. Yang bisa dilakukan oleh orang tersebut adalah bertafakur atas ciptaan ALLAH yang terhampar di depan matanya, bahkan pada dirinya sendiri. “Kami akan memperlihatkan kepada mereka tanda-tanda kekuasaan Kami di segenap ufuk dan pada diri mereka sendiri, sehingga jelaslah bagi mereka bahwa Al Qur-an itu adalah benar. Dan apakah Tuhanmu tidak cukup (bagi kamu) bahwa sesungguhnya Dia menyaksikan segala sesuatu.” (AQ - 41:53) ALLAH telah memperlihatkan pada manusia hamparan kekuasaan-NYA, yang dengannya manusia dapat memahami bahwa ALLAH MAHA KUASA dan manusia amatlah lemah, tak berdaya, dan tiada ku

Pengalaman Mengobati Hipertiroid

(Pengalaman seorang ibu penderita hipertiroid)     Saya adalah seorang penderita sakit hipertiroid. Tanda-tanda seseorang menderita hipertiroid memang berbeda-beda, sedangkan yang pernah dialami oleh saya diantaranya: mata membesar, tangan tremor (bergetar), terasa ada benjolan di tenggorokan bila sedang menelan air ludah. Ada benjolan yang cukup besar di ketiak. Menurut beberapa informasi bahwa seseorang penderita hipertiroid tidak disarankan untuk hamil, karena hipertiroidnya akan lebih terpacu menjadi semakin parah. Dan inilah yang terjadi pada diri saya, sementara saya baru mengetahui bahwa saya mengidap hipertiroid ini pada saat usia kandungan 7 bulan. Ditambah lagi terjadi exclamsia saat kandungan berusia 8 bulan. Bersyukurnya saya dapat melahirkan secara normal, yang sebelumnya diperkirakan oleh dokter harus cesar. Setelah melahirkan, saya masih harus menjalani perawatan intensif disertai harus menelan berbagai macam obat, yang salah satunya adalah PTU. Obat PTU ini adalah