Langsung ke konten utama

Musnad Syafi'i : Tayamum

 

Malik telah menceritakan kepada kami, dari Abdur Rahman ibnul Qasim, dari ayahnya, dari Siti Aisyah yang menceritakan:

Kami pernah bersama Nabi Saw, dalam suatu perjalanan, maka terputuslah sebuah kalung milikku, lalu Nabi Saw. berhenti untuk mencarinya, sedangkan mereka tidak mempunyai (persediaan) air yang cukup, maka turunlah ayat tayamum.



-----

Orang yang terpercaya telah menceritakan kepada kami, dari Ma'mar, dari Az-Zuhri, dari Ubaidillah ibnu Abdullah, dari ayahnya, dari Ammar ibnu Yasir yang menceritakan:

Kami pernah bersama Nabi Saw. dalam suatu perjalanan, maka turunlah ayat tayamum, lalu kami bertayamum bersama-sama dengan Nabi Saw. sampai di Manakib.

 -----

Ibrahim ibnu Muhammad telah menceritakan kepada kami, dari Abbad ibnu Manshur, dari Abu Raja Al-Atharidi, dari Imran ibnul Hushain:

Bahwa Nabi Saw. memerintahkan seorang lelaki yang mempunyai jinabah untuk bertayamum, kemudian salat. Apabila ia menemukan air, maka harus mandi, yakni dengan memakai air itu. Ia menyebutkan hadis Abu Dzar yang mengatakan, "Apabila kamu menjumpai air, maka siramkanlah ke kulitmu (yakni mandilah)."

 -----

Ibrahim ibnu Muhammad telah menceritakan kepada kami, dari Abul Huwairits Abdur Rahman ibnu Mu'awiyah, dari Al-A'raj, dari Ibnush Shammah:

Bahwa Rasulullah Saw. melakukan tayamum, untuk itu beliau mengusap wajah dan kedua hastanya.

 -----

Ibrahim ibnu Muhammad telah menceritakan kepada kami, dari Abul Huwairits Abdur Rahman ibnu Mu'awiyah, dari Al-A'raj, dari Ibnush Shammah yang menceritakan:

Aku bersua dengan Nabi Saw. ketika beliau sedang buang air kecil. Setelah itu beliau mengusap tembok dan bertayamum dengan mengusap wajah dan kedua tangan (hasta)nya.

----- 

Ibrahim ibnu Muhammad telah menceritakan kepada kami, dari Abul Huwairits, dari Al-A'raj, dari Ibnush Shammah yang menceritakan:

Aku pernah bersua dengan Nabi Saw, yang pada itu sedang buang air kecil. Maka aku bersalam kepada nya, tetapi beliau tidak menjawab salamku. Lalu beliau berdiri di dekat tembok, maka tembok itu dikeriknya dengan tongkat yang ada padanya, kemudian meletakkan tangannya pada tembok dan mengusap wajah serta ke dua hastanya, lalu baru menjawab salamku.



-----

Al-Ashamm mengatakan, kedua hadis ini bukan termasuk dalam pembahasan wudu, tetapi sengaja diketengahkannya di dalam pembahasan wudu, karena erat kaitannya dengan masalah wudu dan paling tepat.

-----

Imam Syafii mengatakan, bahwa Abul Huwairits telah meriwayatkan dari Al-A'raj, dari Ibnush Shammah:

Bahwa Rasulullah Saw. pernah buang air kecil lalu bertayamum.

-----

Kami mengetengahkan hadis ini selengkapnya berdasarkan alasan tersebut, yakni adanya kesamaan illat antara wudu dan tayammum.

-----

Ibrahim ibnu Muhammad telah menceritakan kepada kami: ia berkata bahwa Abu Bakar ibnu Umar ibnu Abdur Rah man ibnu Abdullah ibnu Umar ibnul Khaththab telah men ceritakan kepadaku, dari Nafi', dari Ibnu Umar:

Bahwa ada seorang lelaki bersua dengan Nabi Saw. ke tika beliau sedang buang air kecil. Lelaki itu bersalam kepadanya, lalu beliau menjawab salam (nya). Ketika lelaki itu berlalu, Nabi Saw. memanggilnya dan bersabda (kepadanya), “Sesungguhnya hal yang mendorongku untuk menjawab salammu hanyalah karena khawatir bila engkau pergi, lalu engkau mengatakan, 'Aku telah mengucapkan salam kepada Rasulullah Saw., tetapi ia tidak mau menjawab salamku.' Untuk itu, apabila engkau melihatku dalam keadaan seperti ini, janganlah engkau mengucapkan salam kepadaku, sesungguhnya jika engkau melakukan hal itu, niscaya aku tidak akan menjawab salammu."

-----

Ibrahim telah menceritakan kepada kami, dari Yahya ibnu Sa'id, dari Sulaiman ibnu Yasar:

Bahwa Nabi Saw. pergi ke sumur Jamal untuk menunaikan hajatnya, kemudian kembali dan ada seorang lelaki mengucapkan salam kepadanya, tetapi beliau tidak menjawabnya, melainkan mengusapkan tangannya ke tembok (untuk melakukan tayamum), setelah itu baru beliau menjawab salamnya.

Penjelasan:

Bi'r Jamal atau sumur Jamal terletak di Madinatul Munawwarah

-----

Ibnu Uyaynah telah menceritakan kepada kami, dari u Ajlan, dari Nafi', dari Ibnu Umar:

Bahwa ia pernah bertayamum di tempat penambatan ternak dan salat Asar, kemudian masuk ke Madinah sedangkan matahari masih tinggi, tetapi ia tidak mengulangi salatnya.

-----

Ibnu Uyaynah telah menceritakan kepada kami, dari Ibnu Ajlan, dari Ibnu Umar:

Bahwa ia pernah tiba dari Al-Jurf. Ketika sampai di Marbad, ia bertayamum, untuk itu ia mengusap wajah dan kedua tangannya, lalu salat Asar, kemudian masuk ke dalam kota Madinah, sedangkan matahari masih tinggi, tetapi ia tidak mengulangi salatnya. Imam Syafii mengatakan, Al-Jurf adalah nama sebuah tem pat di dekat kota Madinah.

Musnad Syafi'i Hal 79 - 84

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Doa Nabi Ibrahim

Menurut keterangan Al Baghawy bahwa Nabi Ibrahim dan Nabi Ismail membaca doa ini saat membangun kembali Ka'bah -----

TAFAKUR FI KHOLQILLAH

By : Eman “Bertafakurlah tentang ciptaan ALLAH, jangan bertafakur tentang Dzat ALLAH.” Pernyataan diatas merupakan rambu-rambu bagi siapa saja yang ingin melangkah pada tahap bertafakur. Bertafakur merupakan salah satu proses bagi seorang manusia untuk mencapai tingkat muqorobah. Tiada seorang pun yang dapat mencapai pentafakuran atas Dzat ALLAH. Itu sudah harga mati, tidak dapat diganggu gugat. Yang bisa dilakukan oleh orang tersebut adalah bertafakur atas ciptaan ALLAH yang terhampar di depan matanya, bahkan pada dirinya sendiri. “Kami akan memperlihatkan kepada mereka tanda-tanda kekuasaan Kami di segenap ufuk dan pada diri mereka sendiri, sehingga jelaslah bagi mereka bahwa Al Qur-an itu adalah benar. Dan apakah Tuhanmu tidak cukup (bagi kamu) bahwa sesungguhnya Dia menyaksikan segala sesuatu.” (AQ - 41:53) ALLAH telah memperlihatkan pada manusia hamparan kekuasaan-NYA, yang dengannya manusia dapat memahami bahwa ALLAH MAHA KUASA dan manusia amatlah lemah, tak berdaya, dan tiada ku

Pengalaman Mengobati Hipertiroid

(Pengalaman seorang ibu penderita hipertiroid)     Saya adalah seorang penderita sakit hipertiroid. Tanda-tanda seseorang menderita hipertiroid memang berbeda-beda, sedangkan yang pernah dialami oleh saya diantaranya: mata membesar, tangan tremor (bergetar), terasa ada benjolan di tenggorokan bila sedang menelan air ludah. Ada benjolan yang cukup besar di ketiak. Menurut beberapa informasi bahwa seseorang penderita hipertiroid tidak disarankan untuk hamil, karena hipertiroidnya akan lebih terpacu menjadi semakin parah. Dan inilah yang terjadi pada diri saya, sementara saya baru mengetahui bahwa saya mengidap hipertiroid ini pada saat usia kandungan 7 bulan. Ditambah lagi terjadi exclamsia saat kandungan berusia 8 bulan. Bersyukurnya saya dapat melahirkan secara normal, yang sebelumnya diperkirakan oleh dokter harus cesar. Setelah melahirkan, saya masih harus menjalani perawatan intensif disertai harus menelan berbagai macam obat, yang salah satunya adalah PTU. Obat PTU ini adalah