Langsung ke konten utama

Ga Takut Ya? Hmmm....

Kiamat banyak digambarkan oleh manusia sebagai suatu peristiwa kehancuran yang sangat luar biasa. Saat yang penuh dengan ketakutan, kesakitan, penderitaan, kengerian, kematian, kerusakan. Saat dimana seluruh kekuatan alam di muka bumi ini dihamburkan dalam satu waktu yang bersamaan. Saat yang sesungguhnya adalah akhiran dari kehidupan alam semesta ini.

Badai angin yang mencabuti dan menerbangkan semua yang berada di muka bumi, gempa bumi yang merobek-robek tanah dan yang berdiri di atasnya, meletusnya gunung-gunung yang melontarkan ke udara seluruh isi perutnya yang berupa cairan berapi dan batu-batu panas yang kemudian menimpa semua yang ada dibawahnya, melimpahnya air lautan menerjang daratan yang menenggelamkan dan menghempaskan semua yang berada di depannya, petir menggelegar menyambar apapun benda-benda dibawahnya. Seluruh yang ada di bumi ini hancur luluh lantak.

Kehancuran Bumi


Semua orang meng-amini bahwa kiamat sangat mengerikan. Semua orang setuju bahwa kiamat sangat menakutkan. Agama dan banyak kepercayaan meyakini bahwa kiamat adalah  berakhirnya kehidupan dunia saat ini, dan dimulainya kehidupan yang baru di alam yang lain.

Tidak ada satupun makhluq yang mengetahui kapan saat terjadinya kiamat. Dalam Islam, Rasul Muhammad yang mulia mengabarkan tanda-tanda akan terjadinya kiamat, tetapi tidak memberitahu secara detil tanggal bulan tahun berapa, jam menit detik keberapa. Semua itu menjadi rahasia yang hanya Allah saja yang mengetahui.

"Sungguh, hari Kiamat itu akan datang, Aku merahasiakan (waktunya) agar setiap orang dibalas sesuai dengan apa yang telah dia usahakan."
(QS. Ta-Ha 20: Ayat 15)

Dalam ayat ini jelas Allah beritahu tujuan dirahasiakannya kapan terjadinya kiamat. Sebagai salah satu dari 6 pilar keimanan dalam rukun iman, pengetahuan akan datangnya hari kiamat bukanlah hanya dalam kata-kata belaka, tetapi merupakan sebuah keyakinan yang berakar dalam hati.

Tidak diberitahukannya kapan terjadinya kiamat agar manusia memelihara keimanannya dan tetap beramal sholih. Agar manusia selalu berbuat baik kepada sesamanya dan alam selama hidupnya. Agar manusia tidak melakukan perbuatan yang merusak lingkungan tempat ia berdiam. Agar manusia tahu bahwa semuanya ini hanyalah fana, tidak kekal, akan ada akhirannya. Dan pada saat itulah awal dari semua amal perbuatan manusia diberi balasannya.

"Sesungguhnya hari kiamat pasti akan datang, tidak ada keraguan tentangnya, akan tetapi kebanyakan manusia tiada beriman."
(Al Mu'min 40 : Ayat 59)

Iman (yakin) pada (terjadinya) hari kiamat, sebagai rukun iman ke 5, adalah sebuah rambu bagi orang beriman agar selalu menata segala langkah dan perilakunya dalam kehidupan di alam dunia. Meyakini bahwa kiamat pasti akan terjadi, tidak perduli kapannya, membuat orang yang beriman menjaga perbuatan agar tidak terjerumus dalam dosa.

Allah berfirman bahwa kiamat pasti terjadi, orang beriman sami'na wa atho'na. Tidak ada sedikitpun hal yang meleset dari apa yang telah Allah kabarkan. Apabila sesuatu Allah katakan terjadi, maka pasti terjadi.

Tetapi sayangnya sebagian manusia menolak untuk meyakini akan datangnya hari kiamat. Mereka menganggap kabar akan terjadinya kiamat ini hanyalah dongengan orang tua jaman dahulu untuk menakut-nakuti manusia. Kiamat dianggap hanyalah gurauan belaka.

"Sebenarnya hari kiamat itulah hari yang dijanjikan kepada mereka dan kiamat itu lebih dahsyat dan lebih pahit."
(Al Qamar 54 : Ayat 46)

Kiamat pasti datang, itu sebuah keniscayaan. Bukan lagi menjadi sebuah pertanyaan bagi manusia, tetapi itu sudah menjadi sebuah pernyataan dari pemilik alam semesta ini. Silakan saja semua manusia tidak mempercayai akan datangnya kiamat ini, tetapi saat itu akan datang, dan akan membuat ciut setiap hati anak manusia yang mengalaminya. Kejadian  maha dahsyat luar biasa yang tidak pernah terjadi dalam kehidupan alam semesta, menghancurkan sehancur-hancurnya segala yang ada.

Dan orang-orang yang kafir berkata: "Hari berbangkit itu tidak akan datang kepada kami". Katakanlah: "Pasti datang, demi Tuhanku Yang mengetahui yang gaib, sesungguhnya kiamat itu pasti akan datang kepadamu.(Saba' 34 : Ayat 3)"Mereka tidak menunggu kecuali kedatangan hari kiamat kepada mereka dengan tiba-tiba sedang mereka tidak menyadarinya."(Az Zukhruf 43 : Ayat 66)"Maka tidaklah yang mereka tunggu-tunggu melainkan hari kiamat (yaitu) kedatangannya kepada mereka dengan tiba-tiba, karena sesungguhnya telah datang tanda-tandanya. Maka apakah faedahnya bagi mereka kesadaran mereka itu apabila hari kiamat sudah datang?"(Muhammad 47 : Ayat 18)

Allah biarkan mereka melupakan hari kiamat, Allah biarkan mereka tidak menyadari tanda-tanda yang telah diberikan. Saat mereka tidak sadar itulah, seakan-akan kiamat datang tiba-tiba. Mereka terkejut, mereka takut.

Bila saat itu terjadi, hancur luluh semua kesombongan selama ini, hilang semua kebanggaan, lenyap semua kehebatan. Semua mulut menghamburkan do'a-do'a berharap pertolongan, berharap perlindungan. Semua berteriak mohon ampun, menangis minta tolong, bersujud untuk bertaubat.

Bila saat itu datang..... Semua permohonan taubat sudah terlambat......

Wallahu a'lam

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Doa Nabi Ibrahim

Menurut keterangan Al Baghawy bahwa Nabi Ibrahim dan Nabi Ismail membaca doa ini saat membangun kembali Ka'bah -----

TAFAKUR FI KHOLQILLAH

By : Eman “Bertafakurlah tentang ciptaan ALLAH, jangan bertafakur tentang Dzat ALLAH.” Pernyataan diatas merupakan rambu-rambu bagi siapa saja yang ingin melangkah pada tahap bertafakur. Bertafakur merupakan salah satu proses bagi seorang manusia untuk mencapai tingkat muqorobah. Tiada seorang pun yang dapat mencapai pentafakuran atas Dzat ALLAH. Itu sudah harga mati, tidak dapat diganggu gugat. Yang bisa dilakukan oleh orang tersebut adalah bertafakur atas ciptaan ALLAH yang terhampar di depan matanya, bahkan pada dirinya sendiri. “Kami akan memperlihatkan kepada mereka tanda-tanda kekuasaan Kami di segenap ufuk dan pada diri mereka sendiri, sehingga jelaslah bagi mereka bahwa Al Qur-an itu adalah benar. Dan apakah Tuhanmu tidak cukup (bagi kamu) bahwa sesungguhnya Dia menyaksikan segala sesuatu.” (AQ - 41:53) ALLAH telah memperlihatkan pada manusia hamparan kekuasaan-NYA, yang dengannya manusia dapat memahami bahwa ALLAH MAHA KUASA dan manusia amatlah lemah, tak berdaya, dan tiada ku

Pengalaman Mengobati Hipertiroid

(Pengalaman seorang ibu penderita hipertiroid)     Saya adalah seorang penderita sakit hipertiroid. Tanda-tanda seseorang menderita hipertiroid memang berbeda-beda, sedangkan yang pernah dialami oleh saya diantaranya: mata membesar, tangan tremor (bergetar), terasa ada benjolan di tenggorokan bila sedang menelan air ludah. Ada benjolan yang cukup besar di ketiak. Menurut beberapa informasi bahwa seseorang penderita hipertiroid tidak disarankan untuk hamil, karena hipertiroidnya akan lebih terpacu menjadi semakin parah. Dan inilah yang terjadi pada diri saya, sementara saya baru mengetahui bahwa saya mengidap hipertiroid ini pada saat usia kandungan 7 bulan. Ditambah lagi terjadi exclamsia saat kandungan berusia 8 bulan. Bersyukurnya saya dapat melahirkan secara normal, yang sebelumnya diperkirakan oleh dokter harus cesar. Setelah melahirkan, saya masih harus menjalani perawatan intensif disertai harus menelan berbagai macam obat, yang salah satunya adalah PTU. Obat PTU ini adalah