Langsung ke konten utama

Tafakur Diri (Bagian - 3)

By : Eman

Lihatlah diri kita, semua diletakkan begitu sempurnanya. Wajah, mata, hidung, mulut, telinga, tangan beserta jari-jarinya, kaki, isi dada, isi perut, semuanya pada tempat yang sesuai dengan fungsinya. Bahkan sesuatu yang jarang diperhatikan tetapi amat vital bagi keberlangsungan hidup dan kehidupan manusia diperlengkapi sebagai pelindung yang sangat effektif. Pernahkah terfikir bagaimana bulu hidung bekerja melindungi pernafasan kita? Air mata, kelopak dan bulu mata melindungi penglihatan kita? Cairan minyak di dinding telinga melindungi pendengaran kita? Keringat melindungi kulit kita? Dan masih banyak hal-hal yang luput dari perhatian tetapi sesungguhnya ALLAH berikan untuk melindungi kita.

40:64. Allah-lah yang menjadikan bumi bagi kamu tempat menetap dan langit sebagai atap, dan membentuk kamu lalu membaguskan rupamu serta memberi kamu rezki dengan sebahagian yang baik-baik. yang demikian itu adalah Allah Tuhanmu, Maha Agung Allah, Tuhan semesta alam.

Segala macam fasilitas telah diberikan untuk manusia. Kebutuhan hidup terhampar di muka bumi ini untuk manusia. Bahkan kemuliaan dihadapan makhluq lain, menjadikan manusia dapat menundukkan mereka. Semua itu pemberian ALLAH kepada manusia, makhluq terbaik ciptaan-NYA.

36:72. dan Kami tundukkan binatang-binatang itu untuk mereka; Maka sebahagiannya menjadi tunggangan mereka dan sebahagiannya mereka makan.

17:70. dan Sesungguhnya telah Kami muliakan anak-anak Adam, Kami angkut mereka di daratan dan di lautan, Kami beri mereka rezki dari yang baik-baik dan Kami lebihkan mereka dengan kelebihan yang sempurna atas kebanyakan makhluk yang telah Kami ciptakan.

Secara tersirat ALLAH memperingatkan manusia sebagai makhluq yang diberikan kelebihan/ kesempurnaan dibanding makhluq yang lain, untuk melakukan hal yang lebih baik dalam keta’atan kepada ALLAH dibanding makhluq yang lainnya, termasuk lebih ta’at dibanding makhluq yang paling ta’at, yaitu malaikat. Dengan kelebihan itu, manusia dituntut untuk menjadi yang terbaik di hadapan ALLAH.

Tetapi sangat disayangkan, sebagian manusia tidak menganggap kelebihan itu sebagai modal untuk ta’at kepada ALLAH. Mereka menggunakan kelebihan itu untuk merusak. Berlomba-lomba berbuat dzalim, memperturuti hawa nafsu, memperkaya diri tanpa menghiraukan rambu-rambu ALLAH, menipu, menindas, meninggalkan semua kewajiban, melakukan semua hal-hal yang dilarang. Mereka menganggap Al Qur-an tidak lebih sekedar kitab tanpa makna, nabi-nabi utusan ALLAH hanyalah orang-orang yang tidak perlu diperhatikan ucapannya, akhirat hanya bualan belaka.

Apabila telah datang saatnya, hancurlah semua hujjah/ keyakinan mereka. Sia-sia lah penat dan lelah bekerja siang malam untuk memperkaya diri. Mereka kira harta benda yang dimiliki dapat menebus ke-ingkaran yang telah diperbuat.

13:18. bagi orang-orang yang memenuhi seruan Tuhannya, (disediakan) pembalasan yang baik. dan orang-orang yang tidak memenuhi seruan Tuhan, Sekiranya mereka mempunyai semua (kekayaan) yang ada di bumi dan (ditambah) sebanyak isi bumi itu lagi besertanya, niscaya mereka akan menebus dirinya dengan kekayaan itu. orang-orang itu disediakan baginya hisab yang buruk dan tempat kediaman mereka ialah Jahanam dan Itulah seburuk-buruk tempat kediaman.

95:4-5. Sesungguhnya Kami telah menciptakan manusia dalam bentuk yang sebaik-baiknya. kemudian Kami kembalikan Dia ke tempat yang serendah-rendahnya (neraka),

WALLAHU A'LAM

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Doa Nabi Ibrahim

Menurut keterangan Al Baghawy bahwa Nabi Ibrahim dan Nabi Ismail membaca doa ini saat membangun kembali Ka'bah -----

TAFAKUR FI KHOLQILLAH

By : Eman “Bertafakurlah tentang ciptaan ALLAH, jangan bertafakur tentang Dzat ALLAH.” Pernyataan diatas merupakan rambu-rambu bagi siapa saja yang ingin melangkah pada tahap bertafakur. Bertafakur merupakan salah satu proses bagi seorang manusia untuk mencapai tingkat muqorobah. Tiada seorang pun yang dapat mencapai pentafakuran atas Dzat ALLAH. Itu sudah harga mati, tidak dapat diganggu gugat. Yang bisa dilakukan oleh orang tersebut adalah bertafakur atas ciptaan ALLAH yang terhampar di depan matanya, bahkan pada dirinya sendiri. “Kami akan memperlihatkan kepada mereka tanda-tanda kekuasaan Kami di segenap ufuk dan pada diri mereka sendiri, sehingga jelaslah bagi mereka bahwa Al Qur-an itu adalah benar. Dan apakah Tuhanmu tidak cukup (bagi kamu) bahwa sesungguhnya Dia menyaksikan segala sesuatu.” (AQ - 41:53) ALLAH telah memperlihatkan pada manusia hamparan kekuasaan-NYA, yang dengannya manusia dapat memahami bahwa ALLAH MAHA KUASA dan manusia amatlah lemah, tak berdaya, dan tiada ku

Pengalaman Mengobati Hipertiroid

(Pengalaman seorang ibu penderita hipertiroid)     Saya adalah seorang penderita sakit hipertiroid. Tanda-tanda seseorang menderita hipertiroid memang berbeda-beda, sedangkan yang pernah dialami oleh saya diantaranya: mata membesar, tangan tremor (bergetar), terasa ada benjolan di tenggorokan bila sedang menelan air ludah. Ada benjolan yang cukup besar di ketiak. Menurut beberapa informasi bahwa seseorang penderita hipertiroid tidak disarankan untuk hamil, karena hipertiroidnya akan lebih terpacu menjadi semakin parah. Dan inilah yang terjadi pada diri saya, sementara saya baru mengetahui bahwa saya mengidap hipertiroid ini pada saat usia kandungan 7 bulan. Ditambah lagi terjadi exclamsia saat kandungan berusia 8 bulan. Bersyukurnya saya dapat melahirkan secara normal, yang sebelumnya diperkirakan oleh dokter harus cesar. Setelah melahirkan, saya masih harus menjalani perawatan intensif disertai harus menelan berbagai macam obat, yang salah satunya adalah PTU. Obat PTU ini adalah