Langsung ke konten utama

Seberapa Gregetkah Anda Memiliki Harta.....?

Banyak orang berusaha untuk dapat memiliki harta yang dapat mencukupi keinginannya. Padahal kata "Cukup" sangat relatif bagi setiap orang dalam setiap kondisi. Orang yang satu dengan orang lainnya berbeda ukuran "cukup" dalam hidupnya. Orang yang sama berbeda takaran "cukup" dalam kondisi yang berbeda.

Ilustrasi : Harta


Kata "cukup" bagi seorang petani, berbeda dengan "cukup"nya seorang pedagang. Begitu juga dengan pegawai, buruh, nelayan, supir kendaraan umum, dan lain sebagainya.

"Cukup" juga berbeda bagi orang yang sama dalam kondisi yang berbeda. Saat orang tersebut berada di desa, "cukup"nya akan berbeda saat ia tinggal di kota. Saat ia hanyalah seorang pegawai biasa, akan berbeda bila ia menjadi seorang pimpinan perusahaan.

Sebelumnya cukup menggunakan angkutan umum ke tempat kerja, lalu perlu sepeda motor, lalu mobil, lalu supir, lalu penjaga, dan " lalu-lalu" lainnya...

Sebelumnya cukup dengan rumah yang sederhana, lalu ingin yang lebih besar, lalu ingin yang lebih luas, ingin yang lebih mewah, yang lebih megah, dan "lebih-lebih" lainnya......

Ukuran dan takaran "cukup" yang sangat bervariasi inilah yang membuat orang berlomba-lomba ingin memiliki harta yang banyak, sehingga melalaikan kewajibannya sebagai hamba Allah. Siang malam mengejar harta benda, sehingga lupa bahwa itu hanyalah hal yang bersifat sementara, tidak kekal, tidak abadi.

"Ketahuilah, bahwa sesungguhnya kehidupan dunia itu hanyalah permainan dan suatu yang melalaikan, perhiasan dan bermegah-megah antara kamu serta berbangga-bangga tentang banyaknya harta dan anak, seperti hujan yang tanam-tanamannya mengagumkan para petani; kemudian tanaman itu menjadi kering dan kamu lihat warnanya kuning kemudian menjadi hancur. Dan di akhirat (nanti) ada azab yang keras dan ampunan dari Allah serta keridaan-Nya. Dan kehidupan dunia ini tidak lain hanyalah kesenangan yang menipu." 
(Al Hadiid 57 : Ayat 20)

"Allah meluaskan rezeki dan menyempitkannya bagi siapa yang Dia kehendaki. Mereka bergembira dengan kehidupan di dunia, padahal kehidupan dunia itu (dibanding dengan) kehidupan akhirat, hanyalah kesenangan (yang sedikit)."
(Ar Raad 13 : Ayat 26)

Memilik harta yang banyak bisa jadi merupakan kebanggaan bagi seseorang, tetapi bukanlah hal yang menjamin seseorang menjadi bahagia karenanya. Terkadang orang mengukur kebahagiaan dari seberapa banyak harta yang dimilikinya. Padahal belum tentu harta yang banyak itu membahagiakannya. Setiap waktunya dipakai hanya untuk memikirkan bagaimana memiliki, menambah, menyimpan, dan menjaga harta-hartanya itu. Nafsu ingin memiliki lebih banyak lagi dan ketakutan akan kehilangan, membuat ia menjadi terbelenggu oleh harta bendanya.

Ilustrasi : Terbelenggu Harta


Sesungguhnya sebanyak apapun harta yang dimiliki seseorang di dunia ini, tidaklah seujung kukunya dibanding pemberian Allah nanti di akhirat.


"Barang siapa yang menghendaki kehidupan dunia dan perhiasannya, niscaya Kami berikan kepada mereka balasan pekerjaan mereka di dunia dengan sempurna dan mereka di dunia itu tidak akan dirugikan."
"Itulah orang-orang yang tidak memperoleh di akhirat, kecuali neraka dan lenyaplah di akhirat itu apa yang telah mereka usahakan di dunia dan sia-sialah apa yang telah mereka kerjakan?" 
(Huud 11 : Ayat 15-16)

Kunci kebahagiaan bagi orang yang memiliki harta hanyalah BERSYUKUR. Baik banyak maupun sedikit yang dimilikinya, tidak pernah waktu dan dirinya dihabiskan untuk bergelut dengan harta semata. Ia tidak pernah merasa kekurangan. Dirinya selalu merasa cukup. Inilah "cukup" yang hakiki. "Cukup" yang didasari oleh ketaqwaan kepada Allah. Dia selalu menyadari apa yang dimilikinya saat ini, hanyalah pemberian dari Allah. Tidaklah semuanya ada, kecuali atas izin Allah. Semuanya hanyalah milik Allah yang dititipkan kepadanya.

Seseorang yang merasa cukup dengan pemberian Allah, tidak akan pernah merasa kekurangan. Harta benda dipergunakan hanya sebagai jembatan untuk meraih keutamaan hanya kepada Allah sebanyak-banyaknya. Setiap memandang hartanya, hanya dzikir dan syukur yang terucap dalam lisan dan hatinya.

"Dan mengapa ketika engkau memasuki kebunmu tidak mengucapkan Masya Allah, la quwwata illa billah (Sungguh, atas kehendak Allah, semua ini terwujud), tidak ada kekuatan kecuali dengan (pertolongan) Allah,.........."
(QS. Al-Kahfi 18: Ayat 39)

Ia pasti menafkahkan hartanya di jalan Allah, karena ia tahu betapa besarnya balasan dari Allah atas apa yang dilakukannya. Ia yakin bahwa Allah pasti akan membalas perbuatan kebaikan dengan kebaikan yang lebih banyak lagi.

Perumpamaan (nafkah yang dikeluarkan oleh) orang-orang yang menafkahkan hartanya di jalan Allah adalah serupa dengan sebutir benih yang menumbuhkan tujuh bulir, pada tiap-tiap bulir: seratus biji. Allah melipat gandakan (ganjaran) bagi siapa yang Dia kehendaki. Dan Allah Maha Luas (karunia-Nya) lagi Maha Mengetahui.
(Al Baqarah 2 : Ayat 261)

Dan (ingatlah juga), tatkala Tuhanmu memaklumkan: "Sesungguhnya jika kamu bersyukur, pasti Kami akan menambah (nikmat) kepadamu, dan jika kamu mengingkari (nikmat-Ku), maka sesungguhnya azab-Ku sangat pedih".(Ibrahiim 14 : Ayat 7)

Wallahu a'lam

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Doa Nabi Ibrahim

Menurut keterangan Al Baghawy bahwa Nabi Ibrahim dan Nabi Ismail membaca doa ini saat membangun kembali Ka'bah -----

TAFAKUR FI KHOLQILLAH

By : Eman “Bertafakurlah tentang ciptaan ALLAH, jangan bertafakur tentang Dzat ALLAH.” Pernyataan diatas merupakan rambu-rambu bagi siapa saja yang ingin melangkah pada tahap bertafakur. Bertafakur merupakan salah satu proses bagi seorang manusia untuk mencapai tingkat muqorobah. Tiada seorang pun yang dapat mencapai pentafakuran atas Dzat ALLAH. Itu sudah harga mati, tidak dapat diganggu gugat. Yang bisa dilakukan oleh orang tersebut adalah bertafakur atas ciptaan ALLAH yang terhampar di depan matanya, bahkan pada dirinya sendiri. “Kami akan memperlihatkan kepada mereka tanda-tanda kekuasaan Kami di segenap ufuk dan pada diri mereka sendiri, sehingga jelaslah bagi mereka bahwa Al Qur-an itu adalah benar. Dan apakah Tuhanmu tidak cukup (bagi kamu) bahwa sesungguhnya Dia menyaksikan segala sesuatu.” (AQ - 41:53) ALLAH telah memperlihatkan pada manusia hamparan kekuasaan-NYA, yang dengannya manusia dapat memahami bahwa ALLAH MAHA KUASA dan manusia amatlah lemah, tak berdaya, dan tiada ku

Pengalaman Mengobati Hipertiroid

(Pengalaman seorang ibu penderita hipertiroid)     Saya adalah seorang penderita sakit hipertiroid. Tanda-tanda seseorang menderita hipertiroid memang berbeda-beda, sedangkan yang pernah dialami oleh saya diantaranya: mata membesar, tangan tremor (bergetar), terasa ada benjolan di tenggorokan bila sedang menelan air ludah. Ada benjolan yang cukup besar di ketiak. Menurut beberapa informasi bahwa seseorang penderita hipertiroid tidak disarankan untuk hamil, karena hipertiroidnya akan lebih terpacu menjadi semakin parah. Dan inilah yang terjadi pada diri saya, sementara saya baru mengetahui bahwa saya mengidap hipertiroid ini pada saat usia kandungan 7 bulan. Ditambah lagi terjadi exclamsia saat kandungan berusia 8 bulan. Bersyukurnya saya dapat melahirkan secara normal, yang sebelumnya diperkirakan oleh dokter harus cesar. Setelah melahirkan, saya masih harus menjalani perawatan intensif disertai harus menelan berbagai macam obat, yang salah satunya adalah PTU. Obat PTU ini adalah