Langsung ke konten utama

Tunduk Dan Patuh Kepada Rambu Allah

Lihatlah rambu lalu lintas dibawah ini :



Orang tidak akan melalui jalan dari arah depan rambu ini. Bukan karena takut kepada rambunya, tetapi kepada hukum yang menjadi isi dari rambu tersebut. Hukum yang terkandung pada rambu itu menuntut kita taat dan patuh agar kita aman dan selamat dalam perjalanan juga tidak mennyebabkan timbulnya resiko dan kesulitan. Bila kita berani melanggar rambu ini, maka tentu kita harus siap menghadapi akibat dari pelanggaran kita ini. Mulai dari kena tilang polisi hingga resiko kehilangan nyawa. 


Hal diatas adalah sekedar gambaran betapa pentingnya mematuhi rambu-rambu yang telah ada. Terlebih dengan rambu-rambu yang diberikan oleh Allah kepada kita. Tidak hanya selamat di perjalanan dunia, juga di perjalanan menuju akhirat. Rambu-rambu seperti : wajib sholat, wajib shaum, wajib dzakat, melarang berjudi, minum khamr, mencuri, dan lain lain, yang tercantum dalam Al Quran dan Hadits  Implikasi dari pelanggaran terhadap rambu-rambu Allah akan berakibat diceburkannya manusia ke dalam neraka, dan ketaatan akan berakibat manusia dikaruniai surga.

Bagi manusia, neraka adalah tempat kesulitan yang tak berkesudahan, sedangkan surga adalah tempat kebahagiaan yang abadi. Sehingga sebagian manusia beranggapan bahwa ia beribadah semata agar terhindar dari neraka, dan berhak atas surga. Ia takut akan neraka, dan takut tidak masuk surga. Ia beribadah karena dua makhluq ini. Ia terlupa bahwa ketakutannya dan pengharapannya itu kepada makhluq. Ia terlupa untuk takut kepada Khaliq Pencipta dari kedua makhluq itu. Secara tidak sadar ia akhirnya telah menjadikan kedua makhluq ini sebagai landasan mengapa ia beribadah.

Dalam Hadits Qudsi, bersabda Rasulullah SAW :

Kelak pada hari qiyamat akan didatangkan beberapa buku yang telah disegel, lalu dihadapkan kepada Allah SWT.
(Pada waktu itu) Allah berfirman: “Buanglah ini semuanya.”
Malaikat berkata: “Demi kekuasaan Engkau, kami tidak melihat di dalamnya melainkan yang baik-baik saja.”
Selanjutnya Allah berfirman : “Sesungguhnya isinya ini dilakukan bukan karena-Ku, dan Aku sesungguhnya tidak akan menerima kecuali apa-apa yang dilaksanakan karena mencari keridhoan-Ku.”
(H.Q.R. Bazzar dan Thabarani)

Dalam hadits qudsi lainnya yang senada, Rasulullah SAW bersabda :

Apabila seseorang beramal beberapa amalan yang baik, para malaikat naik membawanya dalam satu buku yang disegel. Buku itu diletakkan di hadapan Allah swt.
Allah berfirman : “Buanglah buku-buku ini, karena amalan ini dilakukan bukan karena Aku.”
Kemudian Dia memanggil malaikat: “Tulislah baginya begini dan begini. Tulislah baginya begini dan begini.”
Malaikat menyahut: “Ya Rabbana, sesungguhnya dia tidak pernah melakukan yang demikian itu.”
Allah berfirman : “Itu adalah pahala terhadap amal yang pernah ia niatkan.”
(H.Q.R Daruquthni dari Anas r.a.)

Allah mempertakuti manusia dengan siksaannya, yang dalam hal ini adalah neraka. Sejatinya, bukan nerakanya yang harus ditakuti oleh manusia, tetapi Pemilik neraka lah yang harus ditakuti, karena hanya Allah yang berkuasa atas neraka.

“Bagi mereka lapisan-lapisan dari api di atas mereka dan di bawah mereka pun lapisan-lapisan (dari api). Demikianlah Allah mempertakuti hamba-hamba-Nya dengan azab itu. Maka bertakwalah kepada-Ku hai hamba-hamba-Ku.”
Az Zumar (39) : 16

Terlihat dalam ayat diatas, azab neraka adalah sarana Allah untuk mempertakuti manusia. Tetapi kembalinya adalah kita harus bertakwa kepada Pemilik azab itu. Takutlah dan berharaplah hanya kepada Allah, karena surga, neraka, kebaikan, kemudharatan, semuanya bersumber dari Allah.

“Jika Allah menimpakan sesuatu kemudaratan kepadamu, maka tidak ada yang dapat menghilangkannya kecuali Dia. Dan jika Allah menghendaki kebaikan bagi kamu, maka tak ada yang dapat menolak karunia-Nya. Dia memberikan kebaikan itu kepada siapa yang dikehendaki-Nya di antara hamba-hamba-Nya dan Dia-lah Yang Maha Pengampun lagi Maha Penyayang.”
Yunus (10) : 107

Harus difahami bahwa surga dan neraka tidak akan mengabulkan keinginan kita. Keduanya tidak akan pernah merespon ibadah dan do’a kita. Tetapi Pemilik keduanya lah yang akan mengabulkan dan merespon ibadah dan do’a kita. Surga dan neraka seharusnya bukanlah menjadi tujuan ibadah kita. Hanya ALLAH yang menjadi tujuan, dan ke-ridho-an NYA lah yang kita harapkan.

“Padahal mereka tidak disuruh kecuali supaya menyembah Allah dengan memurnikan ketaatan kepada-Nya dalam (menjalankan) agama dengan lurus, dan supaya mereka mendirikan salat dan menunaikan zakat; dan yang demikian itulah agama yang lurus.”
Al Bayyinah (98) : 5

Dan (katakanlah): "Luruskanlah muka (diri) mu di setiap salat dan sembahlah Allah dengan mengikhlaskan ketaatanmu kepada-Nya".
Al A’raaf (7) : 29

“Barang siapa mengharap perjumpaan dengan Tuhannya maka hendaklah ia mengerjakan amal yang saleh dan janganlah ia mempersekutukan seorang pun dalam beribadah kepada Tuhannya".
Al Kahfi (18) : 110

-------------------------------------------
 
Lalu, apakah salah bila kita berdo’a agar terhindar dari api neraka, dan mengharapkan surga?

Pertanyaan ini pada hakikatnya tidak terkait dengan penggambaran diatas. Pertanyaan ini bertitik berat pada hal berdo’a, bukan ketakutan kepada neraka dan pengharapan akan surga. Surga dan neraka dalam hal ini adalah materi do’a, bukan inti do’a yang adalah merupakan alasan mengapa kita berdo’a. Sehingga tentunya jawaban pertanyaan ini adalah “tidak salah”, karena kita berdo’a disebabkan rasa takut kita kepada Pemilik keduanya. Kelihatan bedanya, kan?

Allah berfirman :

“….. berdoalah kepada-Nya dengan rasa takut (tidak akan diterima) dan harapan (akan dikabulkan).”
Al A’raaf (7) : 56

Segala sesuatu perbuatan tergantung niatnya, dan ia akan mendapatkan apa yang diniatkannya.

Wallahu a'lam

 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Doa Nabi Ibrahim

Menurut keterangan Al Baghawy bahwa Nabi Ibrahim dan Nabi Ismail membaca doa ini saat membangun kembali Ka'bah -----

TAFAKUR FI KHOLQILLAH

By : Eman “Bertafakurlah tentang ciptaan ALLAH, jangan bertafakur tentang Dzat ALLAH.” Pernyataan diatas merupakan rambu-rambu bagi siapa saja yang ingin melangkah pada tahap bertafakur. Bertafakur merupakan salah satu proses bagi seorang manusia untuk mencapai tingkat muqorobah. Tiada seorang pun yang dapat mencapai pentafakuran atas Dzat ALLAH. Itu sudah harga mati, tidak dapat diganggu gugat. Yang bisa dilakukan oleh orang tersebut adalah bertafakur atas ciptaan ALLAH yang terhampar di depan matanya, bahkan pada dirinya sendiri. “Kami akan memperlihatkan kepada mereka tanda-tanda kekuasaan Kami di segenap ufuk dan pada diri mereka sendiri, sehingga jelaslah bagi mereka bahwa Al Qur-an itu adalah benar. Dan apakah Tuhanmu tidak cukup (bagi kamu) bahwa sesungguhnya Dia menyaksikan segala sesuatu.” (AQ - 41:53) ALLAH telah memperlihatkan pada manusia hamparan kekuasaan-NYA, yang dengannya manusia dapat memahami bahwa ALLAH MAHA KUASA dan manusia amatlah lemah, tak berdaya, dan tiada ku

Pengalaman Mengobati Hipertiroid

(Pengalaman seorang ibu penderita hipertiroid)     Saya adalah seorang penderita sakit hipertiroid. Tanda-tanda seseorang menderita hipertiroid memang berbeda-beda, sedangkan yang pernah dialami oleh saya diantaranya: mata membesar, tangan tremor (bergetar), terasa ada benjolan di tenggorokan bila sedang menelan air ludah. Ada benjolan yang cukup besar di ketiak. Menurut beberapa informasi bahwa seseorang penderita hipertiroid tidak disarankan untuk hamil, karena hipertiroidnya akan lebih terpacu menjadi semakin parah. Dan inilah yang terjadi pada diri saya, sementara saya baru mengetahui bahwa saya mengidap hipertiroid ini pada saat usia kandungan 7 bulan. Ditambah lagi terjadi exclamsia saat kandungan berusia 8 bulan. Bersyukurnya saya dapat melahirkan secara normal, yang sebelumnya diperkirakan oleh dokter harus cesar. Setelah melahirkan, saya masih harus menjalani perawatan intensif disertai harus menelan berbagai macam obat, yang salah satunya adalah PTU. Obat PTU ini adalah