Langsung ke konten utama

Manfaat Manusia Untuk Allah ?



Manusia mau beribadah atau tidak, tidak akan berpengaruh terhadap Allah. Lalu apa manfaatnya penciptaan manusia bagi Allah?


Jangan pernah berfikir bahwa manusia diciptakan Allah karena ada manfaatnya untuk Allah. Manusia diciptakan Allah bukan karena manfaatnya, tetapi tujuan diciptakannya manusia. Sebagaimana ciptaan Allah lainnya yang diciptakan bukan karena ada manfaatnya buat Allah. 

Kami tiada menciptakan langit dan bumi dan apa yang ada antara keduanya melainkan dengan (tujuan) yang benar…..
AL AHQAAF (46) : 3

Sebagai contoh udara. Udara sama sekali tidak ada manfaatnya untuk Allah. Udara diciptakan Allah dengan tujuan.

Manusia diciptakan Allah dengan tujuan sebagai abdi atau hamba.

Dan Aku tidak menciptakan jin dan manusia melainkan supaya mereka menyembah-Ku.
ADZ DZAARIYAAT (51) : 56

Hamba yang mematuhi segala aturan-aturan Allah tanpa meminta pamrih atau balasan atas ketaatannya.

Sebagaimana benih padi dalam sepetak sawah, semua diberi air, diberi pupuk, dijaga dari gangguan hama tanpa kecuali. Saat panen, maka akan dipisahkan mana bulir yang berisi dan bulir yang kosong.

Bulir yang berisi akan dimasukan ke lumbung, sedangkan yang kosong akan dibakar.

Ketaatan manusia bukan untuk Allah, tetapi untuk manusia itu sendiri. 

Barang siapa yang mengerjakan amal yang saleh maka itu adalah untuk dirinya sendiri, dan barang siapa mengerjakan kejahatan, maka itu akan menimpa dirinya sendiri, kemudian kepada Tuhanmulah kamu dikembalikan.
AL JAATSIYAH (45):15

Setiap manusia diberi kehidupan, rizqi, dan bermacam keperluan yang bahkan tidak pernah diminta oleh manusia. Saat semua manusia kembali, maka akan dipisahkan mana manusia yang berisi amal ketaatan dan mana yang kosong. Semuanya diberi balasan sesuai dengan apa yang telah dilakukan saat di alam dunia.

Barang siapa mengerjakan perbuatan jahat, maka dia tidak akan dibalas melainkan sebanding dengan kejahatan itu. Dan barang siapa mengerjakan amal yang saleh baik laki-laki maupun perempuan sedang ia dalam keadaan beriman, maka mereka akan masuk surga, mereka diberi rezeki di dalamnya tanpa hisab.
AL MU’MIN (40) : 40

Manusia yang mengisi hidupnya dengan ketaatan maka ia akan dimasukan ke jannah, sedangkan yang hidupnya kosong dari ketaatan akan dibakar di api neraka. Keadaan keduanya dalam keabadian yang tak berhingga.

Sesungguhnya Allah memasukkan orang-orang yang beriman dan mengerjakan amal saleh ke dalam surga yang mengalir di bawahnya sungai-sungai. Dan orang-orang yang kafir itu bersenang-senang (di dunia) dan mereka makan seperti makannya binatang-binatang. Dan neraka adalah tempat tinggal mereka. 
MUHAMMAD (47) : 12 


Wallahu a’lam

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Doa Nabi Ibrahim

Menurut keterangan Al Baghawy bahwa Nabi Ibrahim dan Nabi Ismail membaca doa ini saat membangun kembali Ka'bah -----

TAFAKUR FI KHOLQILLAH

By : Eman “Bertafakurlah tentang ciptaan ALLAH, jangan bertafakur tentang Dzat ALLAH.” Pernyataan diatas merupakan rambu-rambu bagi siapa saja yang ingin melangkah pada tahap bertafakur. Bertafakur merupakan salah satu proses bagi seorang manusia untuk mencapai tingkat muqorobah. Tiada seorang pun yang dapat mencapai pentafakuran atas Dzat ALLAH. Itu sudah harga mati, tidak dapat diganggu gugat. Yang bisa dilakukan oleh orang tersebut adalah bertafakur atas ciptaan ALLAH yang terhampar di depan matanya, bahkan pada dirinya sendiri. “Kami akan memperlihatkan kepada mereka tanda-tanda kekuasaan Kami di segenap ufuk dan pada diri mereka sendiri, sehingga jelaslah bagi mereka bahwa Al Qur-an itu adalah benar. Dan apakah Tuhanmu tidak cukup (bagi kamu) bahwa sesungguhnya Dia menyaksikan segala sesuatu.” (AQ - 41:53) ALLAH telah memperlihatkan pada manusia hamparan kekuasaan-NYA, yang dengannya manusia dapat memahami bahwa ALLAH MAHA KUASA dan manusia amatlah lemah, tak berdaya, dan tiada ku

Pengalaman Mengobati Hipertiroid

(Pengalaman seorang ibu penderita hipertiroid)     Saya adalah seorang penderita sakit hipertiroid. Tanda-tanda seseorang menderita hipertiroid memang berbeda-beda, sedangkan yang pernah dialami oleh saya diantaranya: mata membesar, tangan tremor (bergetar), terasa ada benjolan di tenggorokan bila sedang menelan air ludah. Ada benjolan yang cukup besar di ketiak. Menurut beberapa informasi bahwa seseorang penderita hipertiroid tidak disarankan untuk hamil, karena hipertiroidnya akan lebih terpacu menjadi semakin parah. Dan inilah yang terjadi pada diri saya, sementara saya baru mengetahui bahwa saya mengidap hipertiroid ini pada saat usia kandungan 7 bulan. Ditambah lagi terjadi exclamsia saat kandungan berusia 8 bulan. Bersyukurnya saya dapat melahirkan secara normal, yang sebelumnya diperkirakan oleh dokter harus cesar. Setelah melahirkan, saya masih harus menjalani perawatan intensif disertai harus menelan berbagai macam obat, yang salah satunya adalah PTU. Obat PTU ini adalah